27: PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN BERALIH PEKERJA DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR NON PERTANIAN DI KECAMATAN SEI BALAI KABUPATEN BATUBARA

PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN BERALIH PEKERJA DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR NON PERTANIAN
DI KECAMATAN SEI BALAI KABUPATEN BATUBARA
Oleh : Darwin Sahat Hamonangan Damanik
Dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan
damanikdarwinsh@gmail.com

ABSTRAK
Banyaknya lahan-lahan pertanian di Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara yang dijual untuk pemukiman penduduk dan pendirian kantor-kantor pemerintahan menyebabkan luas lahan yang semakin sempit tersebut menjadi tidak ekonomis dalam berproduksi, sehingga hasil yang didapat sedikit. Hal ini mengakibatkan pendapatan petani berkurang, sehingga mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang beralih pekerjaan ke sektor non pertanian untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi guna memenuhi kebutuhan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor pribadi dan faktor sosial terhadap beralihnya tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor non pertanian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara yang sebelumnya bekerja sebagai petani yang menggarap sawah dan kemudian beralih ke sektor non pertanian. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 90 orang tenaga kerja.
Kata Kunci : Faktor Pribadi, Faktor Sosial, Sektor Pertanian, Sektor Non Pertanian

7.Darwin Sahat Hamonangan Damanik

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *