28: ANALISA PERAMALAN PENJUALAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. CAKRA ANUGERAH ARTA ALUMINDO MEDAN

ANALISA PERAMALAN PENJUALAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. CAKRA ANUGERAH ARTA ALUMINDO MEDAN
Oleh :
Suria Alamsyah Putra, SE., MM
Dosen STIE Indonesia Medan

ABSTRAK
PT Arta Boga Cemerlang Cabang Medan adalah salah satu perusahaan distributor yang bisa di bilang termasuk salah satu perusahaan distributor terbesar di Indonesia. perusahaan ini mendistributorkan produk misal saja; Tango, Uc 1000, Teh Gelas, Baterai Alkalin, Sikat Formula. Dari hasil uji “F” didapat nilai F hitung = 60.019 > dari “F” tabel = 2,74 dengan signifikan 0,000 < 0,05, oleh karena jauh dibawah 0,05 probabilitasnya maka tolak Ho (Terima Hi). Peramalan penjualan dan promosi penjualan berpengaruh secara serempak (simultant) terhadap volume penjualan pada PT Arta Boga Cemerlang Cabang Medan. Hasil uji ”t” menunjukkan ada pengaruh signifikan antara peramalan penjualan dengan volume penjualan dengan nilai T hitung 5.863 > T tabel 1,667 dan sig 0, 000 < 0,05 sedangkan pengaruh signifikan antara promosi penjualan terhadap volume penjualan dengan nilai T hitung 4.358 > T tabel 1,667 dan sig 0,000 < 0,05. hasil analisis didapat angka Adjusted R Square sebesar 0,728 yang disebut juga koefisien determinasi berarti sebesar 72,8 % Peramalan penjualan dan Promosi penjualan mempengaruhi Volume penjualan sedangkan sisanya 28,2 % dipengaruhi oleh variable diluar model penelitian seperti Harga dan Promosi.
Kata Kunci : Peramalan penjualan, Promosi penjualan dan Volume penjualan.

8. Suria Alamsyah

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *